Kurikulum RPL
SMK HIDAYATUL ISLAM dikembangkan berdasarkan prinsip yang
menitikberatkan pada peserta didik untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk
mendukung pencapaian tujuan tersebut maka pengembangan kompetensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik serta tuntutan lingkungan.
Kurikulum ini
disusun dengan mengacu pada
Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk
menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional dan berpedoman pada panduan yang disusun oleh
Badan Standar Nasional Pendidikan Pendidikan (BSNP) dan ketentuan lain yang
menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.
Penyusunan Kurikulum sangat diperlukan untuk
1.
Mengakomodasi potensi – potensi yang ada di daerah
2.
Meningkatkan kualitas pendidikan
3.
Memelihara budaya daerah
4.
Mengikuti perkembangan iptek yang
dilandasi iman dan takwa
5.
Mempersiapkan peserta didik untuk
mempunyai ketrampilan kognitif , afektif dan tingkah laku yang akan
mendukung kehidupannya pada dunia kerja.
Pengertian
1.
Kurikulum ini merupakan kurikulum
operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan
pendidikan. Pemahamannya adalah bahwa pada tingkat satuan pendidikan , harus
dikembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing
2.
Silabus adalah rencana pembelajaran yang
diterapkan sebagai dasar setiap satu atau kelompok mata pelajaran/ kompetensi
kejuruan yang yang harus dimiliki setiap peserta didik untuk mencapai kelulusan
pada tingkat satuan pendidikan .
3.
Rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang
mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
pencapaian kompetensi untuk penilaian.
4.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran
untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan
dijabarkan dalam silabus.
TUJUAN
SMK HIDAYATUL ISLAM
Menyiapkan tamatan yang beriman, bertaqwa, berakhlak
mulia, berkeahlian profesional, mandiri, memiliki wawasan masa depan dan dapat
diandalkan. Sebagai faktor keunggulan kompetitif dari kompetensi keahlian
Rekayasa Perangkat Lunak adalah untuk
memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat menengah, melalui langkah-langkah :
1.
Pelaksanaan kegiatan-kegiatan Islami
dalam meningkatkan iman dan taqwa
2.
Peningkatan kualitas SDM dan
mengembangkan budaya profesional
3.
Peningkatan kualitas Manajemen Sekolah
4.
Pelaksanaan KBM yang berkualitas
5.
Peningkatan Sarana Pendidikan sesuai dengan kemajuan
IPTEK
6.
Penciptaan iklim kerja yang kondusif
melalui pelaksanaan 7K
7.
Peningkatan hubungan kerjasama dengan
industri dan instansi terkait
8.
Pengembangan unit produksi yang dikelola
secara professional
TUJUAN
KOMPETENSI KEAHLIAN :
Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
adalah :
1.
Mendidik peserta didik dengan keahlian
dan ketrampilan dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak agar dapat
bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia
usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah
2.
Mendidik peserta didik agar mampu
memilih karir,berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam
Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.
KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
Kegiatan Pengembangan diri memuat 3 unsur kegiatan
1. Bimbingan
Keahlian Kejuruan ( BKK ) terdiri dari
a.
Menyebarluaskan informasi lowongan pekerjaan
b.
Menyalurkan lulusan sesuai dengan
kemampuan dan program keahlian
c.
Melaksanakan bimbingan dan pengarahan
tentang karier siswa
d. Pendataan
lulusan yang telah bekerja
2. Bimbingan
Konseling ( BP ) terdiri dari
a.
Masalah kesulitan belajar siswa
b.
Pengembangan karir siswa
c.
Pemilihan jen jang pendidikan yang lebih
tinggi
d.
Masalah dalam kehidupan social siswa
3. Ekstrakurikuler
Berdasarkan kondisi
Obyektif maka kegiatan ini dipilih dan
ditetapkan adalah :
a. Latihan
Dasar Kepemimpinan Siswa
Bertujuan untuk
1) Melatih siswa dalam berorganisasi
2) Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin
yang handal
3) Melatih siswa untuk bersikap demokratis
4) Melatih siswa belajar mengambil keputusan
dengan tepat
b. Kepramukaan
1) Sebagai wahana siswa untuk berlatih
berorganisasi
2) Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
3) Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4) Memiliki jiwa social dan peduli kepada
orang lain
5) Memiliki sikap kerjasama kelompok
6) Dapat menyelesaikan permasalahan dengan
tepat
c. Kegiatan
PMR
1) Praktik PPPK
2) Memiliki jiwa social dan peduli kepada
orang lain
3) Memiliki sikap kerjasama kelompok
4) Melatih siswa untuk cepat dan tepat dalam
memberikan pertolongan pertama
5) Membentuk piket UKS
d. Kegiatan
Kelompok Ilmiah Remaja
1) Melatih siswa berfikir kritis
2) Melatih siswa trampil dalam menulis karya
ilmiah
3) Mampu berkompetisi dalam berbagai lomba
IPTEK
4) Mampu berkompetisi dalam lomba bidang IMTAQ
e. Kegiatan
Olahraga Seni dan Budaya
1) Pengembangan Olahraga Prestasi
2) Pengembangan Musik
3) Pengembangan seni baca al Quran dan
Kaligrafi
4) Pengembangan seni Bela Diri
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
A. Standar
Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan
1. Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki
kekurangannya
3. Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan
pekerjaannya
4. Berpartisipasi
dalam menegakkan aturan-aturan sosial
5. Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup
global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan
keputusan
8. Menunjukkan
kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan
kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam
wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi
karya seni dan budaya
16. Menghasilkan
karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga
kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi
lisan dna tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan
keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estesis
22. Menunjukkan
keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia
dan bahasa Inggris
23. Menguasai
kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan
dunia kerja maupun untuk mengikuti
pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
0 komentar:
Posting Komentar