Dasar Kompetensi
Kejuruan dan Kompetensi Kejuruan
Bidang Studi Keahlian : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Program Studi Keahlian :
Teknik Komputer Dan Informatika
Kompetensi Keahlian :
Rekayasa Perangkat Lunak (070)
A.
Dasar
Kompetensi Kejuruan
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1.
Merakit
personal computer
1.1
Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan instalasi komponen PC
1.3
Melakukan keselamatan kerja dalam
merakit computer
1.4
Mengatur komponen PC menggunakan
software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
1.5
Menyambung periferal menggunakan
Software
1.6
Memeriksa hasil perakitan PC dan
pemasangan periferal.
2.
Melakukan
instalasi sistem operasi dasar
2.1
Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi
2.2
Melaksanakan instalasi software sesuai
Installation Manual
2.3
Mengecek hasil instalasi menggunakan
software (sampling)
2.4
Melakukan troubleshooting.
3.
Menerapkan
Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1
Mendeskripsikan keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan prosedur K3
3.3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama
pada kecelakaan.
B.
Kompetensi
Kejuruan
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1.
Menerapkan
teknik elektronika analog dan digital dasar
1.1
Menerapkan teori kelistrikan
1.2
Mengenal komponen elektronika
1.3
Menggunakan komponen elektronika
1.4
Menerapkan konsep elektronika digital
1.5
Menerapkan sistem bilangan digital
1.6
Menerapkan elektronika digital untuk
komputer.
2.
Menerapkan
algoritma pemrograman tingkat dasar
2.1
Menjelaskan struktur algoritma
2.2
Membuat alur logika pemrograman
2.3
Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4
Membuat diagram alir pemrograman
2.5
Menjelaskan varian dan invariant
2.6
Menerapkan pengelolaan array.
3.
Menerapkan
algoritma pemrograman tingkat lanjut
3.1
Menjelaskan prinsip array multi dimensi
3.2
Mengunakan array multi dimensi
3.3
Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4
Menggunakan library pemrograman grafik.
4.
Membuat
basis data
4.1
Mengidentifikasi struktur hirarki basis
data
4.2
Menjelaskan Entity Relationship Diagram
(ERD)
4.3
Menerapkan normalisasi basis data
4.4
Membuat database management system
(DBMS).
5.
Menerapkan
aplikasi basis data
5.1
Menjelaskan jenis perintah SQL
5.2
Membuat table basis data
5.3
Menerapkan query pada basis data
5.4
Membuat form basis data
5.5
Menerapkan macro pada basis data
5.6
Membuat report.
6.
Memahami
pemrograman visual berbasis desktop
6.1
Menjelaskan IDE aplikasi bahasa
pemograman
6.2
Menjelaskan objek aplikasi bahasa
pemograman
6.3
Menjelaskan user interface aplikasi
bahasa pemograman
6.4
Menjelaskan tipe file
6.5
Menjalankan aplikasi.
7.
Membuat
paket software aplikasi berbasis desktop
7.1
Menjelaskan menu aplikasi
7.2
Menyiapkan sistem computer
7.3
Mendemonstrasikan aplikasi paket
installer
7.4
Menyimpan installer aplikasi
7.5
Menghubungkan aplikasi dengan basis data
8.
Mengoperasikan
sistem operasi jaringan komputer
8.1
Menjelaskan fungsi periferal jaringan
komputer
8.2
Mengidentifikasikan ketersambungan
jaringan
8.3
Mengoperasikan aplikasi jaringan
komputer
8.4
Melakukan pemutusan jaringan.
9.
Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
9.1
Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa
pemrograman (SQL)
9.2
Mempersiapkan perangkat lunak SQL
9.3
Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
9.4
Membuat tabel
9.5
Mengoperasikan tabel dan table view.
10. Menerapkan bahasa pemrograman SQL
tingkat lanjut
10.1 Menentukan
formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2 Membuat
prosedur dan fungsi
10.3 Menulis
kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4 Mengoperasikan
trigger.
11. Menerapkan dasar-dasar pembuatan
web statis tingkat dasar
11.1 Menjelaskan
konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2 Menjelaskan
struktur dokumen HTML
11.3 Menambahkan
objek pada web
11.4 Membuat
tabel pada web
11.5 Membuat
Link pada web
11.6 Menyimpan
dokumen
11.7 Menguji
dokumen.
12. Membuat halaman web dinamis tingkat
dasar
12.1 Menjelaskan
konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2 Mempersiapkan
lingkungan teknis
12.3 Membuat
halaman web dinamis sederhana
12.4 Menambahkan
fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5 Menguji
halaman web dinamis.
13. Membuat halaman web dinamis tingkat
lanjut
13.1 Menjelaskan
konsep pemrograman web dinamis
13.2 Mempersiapkan
pembuatan aplikasi
13.3 Membuat
web menggunakan bahasa script.
14. Merancang aplikasi teks dan desktop
berbasis objek
14.1 Menjelaskan
dasar-dasar pemrograman
14.2 Menerapkan
fungsi
14.3 Menerapkan
pointer
14.4 Menjelaskan
class
14.5 Merancang
aplikasi berorientasi objek.
15. Menggunakan bahasa pemrograman
berorientasi objek
15.1 Menggunakan
tipe data control program
15.2 Membuat
class
15.3 Membuat
inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4 Membuat
interface dan paket
15.5 Mengkompilasi
program berorientasi objek.
16. Merancang program aplikasi web
berbasis objek
16.1 Menjelaskan
file I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada java programming
16.2 Menjelaskan
exception handling
16.3 Menjelaskan
applet
16.4 Menerapkan
konektivitas basis data.
17. Membuat aplikasi basis data
menggunakan SQL
17.1 Menjelaskan
kebutuhan software
17.2 Membuat
Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3 Membuat
Data Flow Diagram (DFD)
17.4 Mempersiapkan
lembar kerja Basis Data
17.5 Menggunakan
sintaks-sintaks khusus SQL
17.6 Membuat
Query Basis Data.
18. Mengintegrasikan basis data dengan
sebuah web
18.1 Menjelaskan
prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2 Mempersiapkan
basis data
18.3 Membuat
login pada basis data
18.4 Membuat
koneksi basis data pada web
18.5 Menguji
konektivitas basis data pada web.
19. Membuat program basis data
19.1 Menjelaskan
konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2 Menggunakan
SQL
19.3 Menggunakan
stored procedures
19.4 Menggunakan
triggers
19.5 Menggunakan
administrasi SQL
19.6 Menjelaskan
struktur program aplikasi
19.7 Menerapkan
SQL.
20. Membuat aplikasi web berbasis
JSP
20.1 Menjelaskan
kebutuhan software
20.2 Menjelaskan
dasar-dasar JSP
20.3 Membuat
aplikasi web berbasis JSP
20.4 Menyiapkan
server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5 Menyimpan
state (kondisi) ke dalam server dan client.
0 komentar:
Posting Komentar